Sabtu, 22 April 2017

Untuk Para Bumil Pasti Mau kan Melahirkan Dengan Cara Normal Tanpa Jahitan?? Terpakan 7 Cara Hebat Berikut Ini !!

Loading...
Loading...
Untuk Para Bumil Pasti Mau kan Melahirkan Dengan Cara Normal Tanpa Jahitan?? Terpakan 7 Cara Hebat Berikut Ini !!

 Melahirkan normal tanpa jahitan bisa dikatakan sebagai prestasi luar biasa bagi wanita. Hal itu jelas, karena proses melahirkan normal itu sangatlah berat dan menyakitkan. Tidak semua wanita bisa tahan dan tenang menghadapi rasa sakit yang luar biasa pada saat bukaan 1-10. Akibat ketidak sabaran tersebutlah yang membuat wanita mengalami robekan pada area kewanitaanya. Robekan atau guntingan yang istilahnya dalam dunia kedokteran adalah episiotomy merupakan tindakan pengguntingan yang dilakukan guna melebarkan jalan lahir bayi. Proses pengguntingan tersebut memang tidak menyakitkan karena umumnya dokter akan memberikan anestesi local guna menghilangkan rasa sakitnya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir terjadinya robekan atau episiotomy, diantaranya adalah : 

1. Pengetahuan tentang persalinan normal
Memiliki pengetahuan yang cukup tentang persalinan normal bisa menjadi bekal untuk menghadapi masa paling menegangkan tersebut. Ada beberapa tahapan dan proses yang harus dilalui dengan sabar agar persalinan bisa lancar tanpa jahitan. Jangan Lupa Siapkan 7 Hal ini Menjelang Persalinan

2. Persiapan sebelum persalinan
Perispan yang matang akan membantu mensukseskan proses persalinan normal tanpa jahitan. Ada beberapa persiapan yang wajib dilakukan sebelum persalinan, salah satunya senan khusus ibu hamil yang bertujuan melatih otot-otot di sekitar jalan lahir.

3. Memilih tempat bersalin yang nyaman
Memilih tempat bersalin wajib dilakukan agar Anda bisa mendapatkan tempat senyaman mungkin untuk menjalani persalinan yang lancar. Suasana yang tidak mendukung tentulah dapat mengganggu proses persalinan Anda.

4. Kuatkan stamina sebelum persalinan
Persalinan normal membutuhkan waktu yang lumayan lama bahkan menguras tenaga. Oleh karena itu ibu harus memiliki stamina yang kuat agar terhindar dari pengguntingan. Banyak istirahat dan penuhi kebutuhan nutrisi saat trimester akhir kehamilan agar kondisi tubuh Anda senantiasa bugar.

5. Buat diri Anda rileks saat persalinan
Ketegangan dan stress dapat menghambat proses persalinan, oleh karena itu pastikan Anda rileks dan tenang saat menjalani persalinan normal. Hal ini yang akan menghindarkan Anda dari jahitan saat persalinan.

6. Jangan mengangkat bokong saat mengejan
Mengangkat pantat atau bokong saat mengejan termasuk hal yang harus dihindari karena dapat mengakibatkan terjadinya robekan yang luas pada jalan lahir. Hal ini terjadi karena tidak adanya penyangga yang mengakibatkan otot mudah sobek ketika Anda mengangkat bokong.

7. Mengejanlah sesuai instruksi dokter
Jangan mengejan sebelum dokter mengistruksikannya, karena selain membuat tenaga Anda habis juga bisa memicu robekan pada jalan lahir. Maka itu, pastikan selalu turuti instruksi dari dokter atau bidan Anda agar persalinan lancar.
Dengan menerapkan beberapa tips diatas, semoga proses persalinan Anda bisa lancar dan tanpa mengalami robekan. Semoga bermanfaat!



Loading...
loading...
Back To Top