Jumat, 03 Februari 2017

Jangan Anggap Kanker Payudara itu Ancaman Sepele !! Dengan Baca Fakta dan Tips Ini, Bisa Selamatkan Satu Nyawa !

Loading...
Loading...
Jangan Anggap Kanker Payudara itu Ancaman Sepele !! Dengan Baca Fakta dan Tips Ini, Bisa Selamatkan Satu Nyawa !

Fenomena kanker payudara memang bukan hal baru lagi. Akhir-akhir ini, artis peran Yana Zein banyak dibicarakan, bukan mengenai kiprahnya di dunia hiburan, tapi cerita hidupnya yang sekarang dihabiskan di ranjang rumah sakit karena mengidap penyakit kanker payudara stadium 4. Kondisinya cukup memprihatinkan karena ia harus menjalani kemoterapi yang membuat rambutnya rontok dan habis tak bersisa. Kabar terakhir menyebutkan, Yana Zein juga menjalani proses radiasi karena kemoterapi ke-6nya gagal.

Saat ini, kanker payudara merupakan penyebab kematian kedua pada perempuan setelah kanker leher rahim. Walaupun kenyataannya, laki-laki juga bisa mengidap penyakit ini, lho! Melky Goeslaw, ayah dari musisi Melly Goeslaw menjadi salah satu laki-laki yang meninggal karena kanker payudara yang sudah lama dideritanya.

Kanker payudara adalah keganasan sel-sel yang terdapat pada jaringan payudara, bisa berasal dari komponen kelenjarnya (epitel saluran maupun lobulus-nya) maupun komponen selain kelenjar seperti jaringan lemak, pembuluh darah dan persarafan jaringan payudara. Setiap risiko kanker payudara pada wanita dapat mempunyai kemungkinan yang lebih tinggi atau lebih rendah, bergantung pada beberapa faktor yang meliputi riwayat keluarga, genetik, usia saat menstruasi pertama, dan faktor-faktor lainnya. Kanker payudara tidak menyerang kulit payudara yang berfungsi sebagai pembungkus. Kanker payudara menyebabkan sel dan jaringan payudara berubah bentuk menjadi abnormal dan bertambah banyak secara tidak terkendali.

Walaupun belum diketahui secara pasti, tapi ada beberapa kemungkinan penyebab terjadinya kanker payudara

  • Faktor genetik. Di mana jika ada riwayat keluarga (ibu atau saudara) yang terserang penyakit kanker payudara, kemungkinan untuk terserang penyakit tersebut akan menjadi lebih besar dua kali lipat. Berbeda dengan perempuan lain, yang di dalam keluarganya tidak memiliki riwayat kanker payudara.
  • Perempuan yang sedang menggunakan terapi obat hormon pengganti, misalnya hormon estrogen, dapat mengakibatkan peningkatan terjadinya resiko terkena penyakit kanker payudara.
  • Perempuan yang tidak menikah, tidak mempunyai anak, melahirkan anak pertama sesudah usia 35 tahun, serta belum pernah menyusui juga disinyalir menjadi kemungkinan penyebab kanker payudara.
  • Perempuan yang mengalami menstruasi di bawah umur 11 tahun.

Loading...
loading...
Back To Top