Selasa, 21 Februari 2017

5 Alasan Keseringan Mandi Justru Bisa Jadi Bahaya !! Mangkanya Jangan Sering-Sering Mandi Kalau Mau Sehat ..

Loading...
Loading...
5 Alasan Keseringan Mandi Justru Bisa Jadi Bahaya !! Mangkanya Jangan Sering-Sering Mandi Kalau Mau Sehat ..

Kegiatan mandi, mungkin bisa dimasukkan dalam kategori yang sama dengan makan ataupun tidur. Ya, sebuah kegiatan yang telah menjelma rutinitas dan dirasa wajib untuk dilakukan setiap harinya. Normalnya di Indonesia, seseorang akan mandi dua kali sehari. Namun ketika berada di kota yang cuacanya panas, seseorang akan menambah frekuensi mandinya menjadi tiga bahkan empat kali untuk menghilangkan rasa gerah. Meskipun rasanya segar, tapi ternyata mandi sering-sering itu tidak baik bagi kesehatan.

1. Riset terbaru mengatakan, mandi terlalu sering bisa mengusir bakteria baik sehingga berisiko ganggu sistem kekebalan, kerja jantung, dan pencernaan

Menurut Genetic Science Centre di University of Utah, keadaan tubuh yang terlalu bersih justru akan merusak mikrobiome manusia. Mikrobiome sendiri ialah sekumpulan bakteri, virus dan makroba yang dibutuhkan tubuh kita. Istilah gampangnya, itu bakteri baik yang bermanfaat bagi kesehatan. Para peneliti juga menyebutkan kalau ekosistem bakteri tadi terganggu maka tubuh akan lebih rentan terhadap penyakit. Termasuk diantaranya mengganggu sistem kekebalan tubuh, pencernaan, dan kerja jantung. Disamping kondisi badan yang ‘terlalu bersih’, penggunaan sabun dan sampo yang berbahan kimia terlalu sering juga akan membunuh bakteri baik ini.

2. Hobi mandi dan merenung di kamar mandi lama-lama juga bukanlah kebiasaan baik. Terlalu lama bernaung di kamar mandi itu seringkali jadi tanda depresi

Penelitian mengungkapkan bahwa semakin lama dan sering seseorang mandi, maka semakin besar kemungkinan bahwa orang tersebut kesepian dan tak bahagia. Sebab didapati orang yang gemar berlama-lama menggunakan waktunya di kamar mandi ialah untuk melamun. Mereka cenderung memikirkan masalah atau sekadar membiarkan pikiran mengembara lepas. Dan penelitian yang sama juga membuktikan, terlalu banyak merenung atau melamun malah dapat mengindikasikan ketidakbahagiaan. Sementara itu, hal yang sama tidak dialami oleh mereka yang mandi dalam waktu singkat.


Loading...
loading...
Back To Top