Gimana Nggak Bikin Nagih Nih Kue ..!! Pai Selai Kacang dengan Topping Saus Coklat..Hmmm Creamy N Yummy !!! Ikutin RESEPNYA Berikut Ini ...

Creamy, legit, sekaligus garing dan renyah dalam satu gigitan. Apa lagi kalau bukan pai! Pastry berukuran mungil ini memadukan kulit pai garing kecokelatan dengan aneka isian nan lezat, seperti vla buah, vla susu, selai nanas, bahkan aneka daging atau tumisan sayuran untuk versi gurihnya. 

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi roti dengan olesan selai kacang, cobalah menggantikan roti dengan kulit pai. Tekstur selai kacang yang lembut serta rasanya yang legit berpadu sangat lezat dengan kulit pai nan renyah. Tidak punya oven? Jangan khawatir, Anda bisa membeli kulit pai siap pakai yang banyak dijual di toko kue. Namun jika Anda merasa tertantang untuk membuat kulit pai sendiri, tidak ada salahnya mencoba dua resep mudah dan istimewa yang kami sajikan di bawah. Tertarik membuatnya?

Bahan

Resep Pai Selai Kacang Praktis
  • 16 sdm. selai kacang, gunakan merek favorit Anda
  • 8 ons krim keju
  • 60 gr gula halus atau 115 gr gula pasir
  • 750 ml krim kocok, dinginkan atau bekukan terlebih dahulu
  • kulit pai siap pakai (atau buatlah sendiri dengan mengikuti resep di bawah ini)


Resep Kulit Pai Cokelat
  • 15-20 biskuit Oreo atau biskuit cokelat lainnya sesuai selera
  • 4 sdm. butter
  • Sendok atau spatula


Resep Kulit Pai Berbahan Dasar Biskuit Marie Regal
  • 24 keping biskuit Marie Regal
  • 30 gr gula halus atau 55 gr gula pasir
  • 75 gr butter


Topping yang Disarankan
  • 12 sdm. kacang asin, cincang kasar
  • 16 sdm. cokelat batang berkualitas baik, cincang kasar atau hancurkan
  • 60 gr gula halus
  • 10-20 buah cokelat Chacha
  • Krim kocok, tambahkan sesuai selera


Membuat Kulit Pai

1.Hancurkan biskuit Oreo hingga teksturnya halus dan remah. Cara termudah adalah menggunakan chopper atau food processor karena hasilnya sudah pasti memuaskan. Tidak punya kedua alat di atas? Jangan khawatir. Masukkan kepingan Oreo (atau biskuit cokelat lainnya) ke dalam kantong plastik klip, lalu hancurkan dengan penggilas adonan. Anda juga bisa meletakkan kepingan Oreo di atas cobek dan menumbuknya dengan ulek sampai halus. Jangan membuang krim Oreo sebelum menghancurkannya. Krim mampu berfungsi sebagai perekat yang akan memperkokoh tekstur kulit pai Anda.

  • Sebelum menghancurkan biskuit, panaskan oven dan set di suhu 175°C.
  • Hancurkan biskuit sampai teksturnya benar-benar remah dan halus.
  • Cara di atas juga berlaku untuk resep kulit pai dari biskuit Marie Regal; proses biskuit dan gula di dalam food processor hingga teksturnya halus dan remah, atau hancurkan kedua bahan tersebut dengan penggilas adonan atau ulek.


2. Lelehkan butter dan tuangkan ke dalam biskuit Oreo atau Marie Regal yang sudah dihancurkan. Selain berfungsi sebagai perekat, butter juga menyumbangkan rasa dan tekstur yang lebih legit untuk kulit pai Anda. Aduk rata sampai lelehan butter melapisi seluruh remah biskuit.

  • Jika adonan kulit pai terlihat belum solid dan lengket, tambahkan butter sedikit demi sedikit hingga mencapai tekstur yang diinginkan. Proses ini juga perlu dilakukan jika jumlah biskuit yang Anda gunakan lebih banyak dari yang tertera pada resep.


3. Tata adonan kulit pai di dalam loyang. Jangan lupa, Anda perlu terlebih dahulu mengolesi loyang dengan minyak atau mentega. Menggunakan dasar sendok atau spatula, tekan dan ratakan adonan hingga melapisi seluruh bagian loyang.

4. Panggang adonan kulit pai. Masukkan loyang ke dalam oven, panggang adonan kulit yang belum diberi isian selama 5-7 menit atau sampai kulit pai matang dan mengeras.

5. Dinginkan kulit pai yang sudah matang. Tahap ini perlu dilakukan karena tekstur dan rasa isian pai bisa berubah jika Anda terburu-buru menuangkannya ke dalam kulit pai yang masih panas. Jika perlu, Anda bisa mempercepat proses pendinginan dengan memasukkan kulit pai ke dalam kulkas.

  • Tuangkan isian setelah kulit pai benar-benar dingin dan mengeras. Ikuti langkah di bawah ini untuk membuat isian pai yang praktis dan lezat!



Membuat Isian Pai yang Praktis dan Lezat

1. Campurkan selai kacang, krim keju, dan gula. Dalam sebuah mangkuk berukuran besar, aduk rata ketiga bahan tersebut dengan mikser berkecepatan sedang selama beberapa menit atau sampai terbentuk adonan yang halus dan kental.
  • Catatan: Jika Anda membuat kulit pai sendiri, set oven di suhu 175°C sebelum membuat isian. Lewati proses ini jika Anda menggunakan kulit pai siap pakai.


2. Tuangkan krim kocok. Aduk adonan dengan menggunakan teknik aduk balik (letakkan spatula di sisi mangkuk, sisiri dasar mangkuk, lalu balik adonan dengan memutar pergelangan tangan Anda). Jangan mengaduk searah jarum jam agar konsistensi krim tetap terjaga. Aduk sampai semua bahan isian tercampur rata.

3. Tuangkan isian ke dalam kulit pai yang sudah matang dan mendingin. Perlahan, sendokkan isian secukupnya ke dalam kulit pai. Ratakan permukaannya dengan menggunakan spatula.

  • Pada tahap ini, Anda juga bisa menaburkan topping favorit ke permukaan pai. Lihat bagian “Topping yang Disarankan” untuk ide taburan yang berpadu lezat dengan pai selai kacang Anda.


4. Simpan di dalam kulkas hingga isian pai mengeras. Proses ini bisa memakan waktu 1-3 jam, tergantung suhu kulkas Anda. Untuk tekstur dan rasa terbaik, Anda bisa mendiamkannya semalaman di dalam kulkas.

  • Jika isian pai sudah mengeras, tandanya pai nan lezat siap Anda santap! Pai sedap disantap langsung atau dipadukan dengan aneka topping favorit Anda.
  • Sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, sebaiknya bungkus pai dengan foil aluminium agar kualitasnya terjaga. Jaga agar foil aluminium tidak bersentuhan langsung dengan permukaan pai agar bentuk pai Anda tetap cantik.


Menambahkan Topping

1. Taburkan cincangan kacang ke permukaan pai untuk memperkaya rasa dan teksturnya. Topping ini cocok untuk Anda yang tidak bisa mengonsumsi makanan yang terlalu manis dan creamy. Tambahkan sedikit cincangan kacang asin untuk mengimbangi rasa manis dari selai kacang dan menciptakan efek garing di sela-sela gigitan.

2. Lapisi permukaan pai dengan cokelat leleh. Tuangkan cokelat leleh ke permukaan pai dan diamkan hingga lapisan cokelat mengeras. Perpaduan lapisan cokelat yang keras dan isian pai yang lembut akan menciptakan tekstur yang sangat unik. Simak prosesnya di bawah ini:

  • Hancurkan atau cincang kasar cokelat batang favorit Anda. Untuk resep ini, sebaiknya gunakan cokelat pekat yang rendah gula agar pai Anda tidak berakhir terlalu manis.
  • Lelehkan cokelat dengan panci tim atau panci biasa. Jika menggunakan panci biasa, masukkan cokelat ke dalam mangkuk tahan panas terlebih dahulu. Apungkan mangkuk di atas panci berisi air, lalu masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga cokelat meleleh. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa melelehkan cokelat di dalam microwave selama 30 detik.
  • Jika cokelat sudah meleleh sepenuhnya, diamkan selama 1-2 menit, lalu sendokkan cokelat ke permukaan pai dan ratakan perlahan dengan spatula. Setelah itu, masukkan pai ke dalam kulkas dan dinginkan hingga mengeras.


3. Taburi permukaan pai dengan gula halus. Jangan menaburkan terlalu banyak gula agar pai Anda tidak berakhir terlalu manis. Gula halus yang berwarna putih bak salju cocok dipadukan dengan kulit pai cokelat yang resepnya bisa Anda baca di atas. Perpaduan warna yang kontras justru akan menciptakan tampilan yang sangat cantik.

4. Taburi permukaan pai dengan cokelat Chacha atau produk kacang bersalut cokelat lainnya. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa mencincangnya kasar dan menaburkannya secara acak ke permukaan pai. Namun biasanya, anak-anak justru tertarik pada warna cokelat Chacha yang bervariasi. Jika Anda membuat pai untuk anak-anak Anda, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk menyusun bulatan-bulatan cokelat Chacha dengan desain yang menarik sehingga membuat anak-anak lebih bersemangat menyantapnya.

5. Hias permukaan pai dengan krim kocok. Jika ada krim kocok yang tersisa dari bahan isian pai, tuangkan ke atas permukaan pai dan ratakan perlahan. Anda juga bisa menyemprotkan krim kocok siap pakai yang dijual dalam wadah tabung ke permukaan pai.
Tuangkan saus cokelat atau karamel ke permukaan krim kocok untuk mempercantik penampilan pai Anda.


Tips
  • Sajikan pai dalam potongan yang tidak terlalu besar karena kudapan ini sangat creamy dan mengenyangkan.
  • Koreksi rasa isian sebelum dituangkan ke dalam kulit pai. Setelah isian dituangkan, Anda akan kesulitan memperbaiki rasanya jika ternyata belum sesuai dengan selera Anda.